Ramadan dan Idul Fitri di Amerika


Berhubung masih di bulan Syawal, mau cerita sedikit tentang pengalaman berpuasa dan lebaran di Amerika. Pertama kali pindah ke Amerika di tahun 2017, bulan Ramadan jatuh di bulan Mei beberapa minggu sebelum musim panas. Waktu itu masih kerja full-time sebagai customer service/kasir di Lowe’s (semacem retail store). Kerja di retail store di Amerika jadwalnya shift, tergantung luck, bisa pagi/siang/sore selama 8 jam 30 menit karena lunch ga dibayar dan tergantung jadwal ditempatin di station mana. FYI, summer di Amerika suhunya bisa sampai 38°C, jadi bisa dibayangin yaaa panasnya gimana. Rejekinya tiap hari selalu dapat jadwal di garden/outdoor, karena waktu itu masih termasuk musim semi dimana semua orang mulai gardening, alhasil puasa terasa semakin berat. Walaupun ga persis dibawah terik matahari karena di bagian garden ada kanopi besar tapi angin panas tetep semriwing rasanya.

Berhubung di Amerika ada 4 musim, jadi durasi puasa ga pernah sama tiap tahunnya. Di tahun 2017, puasa kurang lebih 17 jam lamanya, dimulai dari imsak jam 3:40 dan buka puasa jam 20:30. Setiap hari imsak selalu maju satu menit dan buka puasa mundur satu menit. Tahun ini cuma 15 jam kurang lebih. Alhamdulillah selama tinggal di Amerika puasa tetep lancar, karena kalo ada niat semua pasti bisa dikerjain. Kalo ditanya shock apa ga pas pertama puasa disini, pastinya shock berat. Tapi lama kelamaan udah biasa sih puasa disini, apalagi sejak 4 tahun belakangan ini udah kerja di kantor yang indoor dan full AC jadi walaupun di luar panas, tetep ga bikin dehidrasi akut.

Sebenernya yang bikin Ramadan terasa berat cuma di (1) durasi, karena walaupun mayoritas non-Muslim tapi ga pernah tergoda untuk batalin puasa cuma karena liat orang makan dan minum. Ga terlalu suka makanan Amerika mungkin juga salah satu alesan bisa kuat puasa #canda. Dan walaupun temen2 disini ga terlalu ngerti konsep Ramadan tapi semua tetep respect dan gada tuh yang ngajak2 untuk batalin puasa kayak temen2 di Indonesia haha. Yang ke (2) karena jadi kaum minoritas otomatis kadang ngerasa kesepian. Kangen suasana Ramadan, kangen bukber bareng keluarga dan temen, kangen makanan Ramadan, kangen denger suara adzan, bahkan kangen liat iklan marjan di tv pas nonton kultum sebelum buka puasa. Istilahnya kalo di Indonesia buka pintu aja udah banyak yang jual makanan di pinggir jalan, nah kalo disini karena jadwal buka juga mepet ke jadwal tidur, jadi buka puasa pun seadanya aja, kadang cuma buah dan susu, atau sereal, atau indomie, disitu kadang saya merasa sedih...

Kalo pengalaman Idul Fitri di Amerika, masjid2 disini punya akun Facebook dan mereka selalu update jadwal sholat dan segala macem acara keagamaan untuk publik dan mostly for free, bahkan ada beberapa masjid yang sediain makanan untuk berbuka dan lebaran dari para donatur. Disini sholat Ied dimulai antara jam 8-9 pagi, pertama kali sholat disini di stadium yang biasa dipakai untuk event horse riding. Lantainya dipasang kertas tebal dan tiap saf ditandain jadi ga perlu bawa kertas koran dan ga bawa sajadah pun ga masalah karena bersih. Di hari itu juga secara kebetulan (dan takdir), duduk sebelahan sama orang Indonesia yang bawa kerupuk udang, and the rest is history.. Muslim2 disini jarang pake mukena untuk sholat, yang penting pakai baju yang menutup aurat.

Sebelum pandemi, di kedubes biasanya ada acara open house tapi sejak pandemi sampai sekarang belum ada lagi open house hiks.. Pertama kali open house di KJRI Chicago, Illinois, tahun 2018. Ga tau kenapa tapi sejak pindah ke Amerika selalu seneng kumpul sama sesama orang Indonesia. Walaupun ga pernah ngobrol tapi kesannya kayak lagi di Indonesia aja gitu. Dan pastinya selama ada masakan Indonesia dijamin bisa buat bahagia.
Waktu belum kenal orang2 Indonesia yang jual masakan, lebaran ya rasanya sama seperti hari biasa, makanan pun ga ada yang spesial. Tapi berhubung selalu "aktif" cari temen, alhamdulillah-nya sekarang udah punya banyak temen2 Indonesia yang tinggal di Amerika yang jual segala jenis makanan, kue dkk. Akhirnya sejak Idul Fitri 2 tahun terakhir ini selalu makan ketupat 😍.
Lebaran 2021
Lebaran 2022

Comments

Popular posts from this blog

Organizing Documents for CR-1 (Spouse) Visa Interview

The Road to CR-1 (Spouse) Visa

Bali to Gili Trawangan